Tanggal : WIB
HUT RI ke 74
Setiap Kecamatan Harus Punya Lumbung Pangan

Setiap Kecamatan Harus Punya Lumbung Pangan

Desember 18 2018

 

Pandeglang - Pandeglang merupakan salah satu daerah di Provinsi Banten yang rawan akan terjadinya bencana alam. Untuk mengantisipasi terjadinya kerawanan pangan, Bupati meminta setiap Kecamatan harus miliki lumbung pangan, "Biasanya kalau banjir, para petani akan kesulitan untuk menanam padi, oleh sebab itu harus ada cadangan pangan disaat sedang panen, sebagai antisipasi jika terjadi bencana, " kata Bupati Irna pada saat workshop cadangan pangan di RM Rizki, Selasa (18/12).
Irna meyakini, dengan adanya cadangan pangan ditiap Kecamatan dan Desa, tentu akan sangat membantu cadangan pangan daerah dalam hal penanggulangan jika terjadi bencana alam yang berdampak pada kerawanan pangan, "Cadangan pangan Daerah Bisa dibantu dari situ, kita berdayakan sumberdaya manusia- nya, sehingga tidak panik saat memasuki musim penghujan dan terjadi bencana. Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) sudah banyak di Pandeglang, kita tinggal perbaiki kelembagaannya," tuturnya.
Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Pandeglang Moh. Amri menyampaikan, bahwa cadangan pangan terdiri dari tiga bagian yaitu cadangan pangan pusat yang terdiri dari Pusat dan Provinsi, cadangan pangan daerah, dan cadangan pangan masyarakat yang ada di desa, "Cadangan pangan pusat dan Provinsi itu dikelola oleh Bulog dalam hal ini untuk penanganan saat bencana terjadi yang menjadi leading sektornya yaiu BPBD dan Dinsos," kata Amri.
Masih menurut Amri, cadangan pangan masyarakat yang ada di desa ini justru yang belum tersosialisasikan. Kata Amri, cadangan pangan di desa ini dalam bentuk Lumbung Pangan Masyatakat (LPM), "Jika cadangan pangan Pusat, Daerah, dan Desa berjalan baik, kami yakin tidak akan terjadi kerawanan pangan di Pandeglang. Dan di Pandeglang sendiri sekarang sudah ada 37 LPM, diantaranya Mandalawangi, dan Carita," tuturnya.
Masih kata Amri, cadangan pangan untuk Kabupaten Pandeglang idealnya 504 ton,"Jumlah ini, hasil dari jumlah penduduk dikali dengan 80% cadangan pangan provinsi, " tutupnya.

Read 620 times

Internal Audit Charter

PETA PANDEGLANG