Tanggal : WIB
HUT RI ke 74
Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban menerima hasil Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2018. Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban menerima hasil Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2018.

Masuk Tiga Besar Evaluasi SPBE, Pandeglang Melek Teknologi

Maret 28 2019

Jakarta - Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pedoman Evaluasi SPBE, Kementerian PANRB telah melaksanakan evaluasi SPBE di Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah.

Dari 616 Instansi Pemerintah dibagi menjadi 6 kategori yaitu Kementerian, Lembaga Pemerintah non Kementerian, Lembaga Lainnya, Provinsi, Kabupaten, dan Kota. Kabupaten Pandeglang masuk kedalam tiga besar kategori Kabupaten yang mendapatkan predikat baik bersama Banyuwangi dan Kabupaten Batang dengan poin 3,2 dari poin maksimal 5.

Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena ini merupakan sebuah capaian luarbiasa, dimana Kabupaten yang merupakan daerah tertinggal sudah melek teknologi.

"Penilaian ini baru pertama kali diselenggarakan oleh Kementerian untuk instansi pusat maupun daerah, dan Alhamdulillah kita sudah masuk kedalam tiga besar" katanya, saat menerima hasil evaluasi yang digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) di Hotel Bidakara, Kamis (28/3).

Menurut Tanto, sistem Pemerintahan berbasis elektronik ini sangat banyak manfaatnya untuk efektifitas dan efisiensi pelaksanaan e-Budgeting. "Jika sudah berbasis elektronik tentu seluruh proses akan terintegrasi jadi akan lebih mudah untuk perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pertanggungjawaban,".

Sementara itu, Menteri PANRB Syafruddin mengatakan pembangunan sistem pemerintah berbasis elektronik yang terpadu suatu keharusan demi mewujudkan birokrasi dan pelayanan publik yang berkinerja tinggi, modern, efektif, efisien serta terintegrasi penuh dari pusat hingga ke daerah.

Menurutnya, evaluasi sistem pemerintah berbasis elektronik atau SPBE yang dilakukan untuk 616 instansi pusat, pemerintah daerah dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) untuk mendapatkan data baseline pelaksanaan SPBE nasional.

Read 307 times

Internal Audit Charter

PETA PANDEGLANG